Selasa, 19 November 2013



Bunga Terat :
Terate, mengapa organisasi kita menggunakan lambang bunga tersebut ? kenapa tidak menggunakan mawar yang melambangkan kasih sayang seperti semboyan kita? kenapa tidak menggunakan bunga melati yang merupakan puspa bangsa ? atau bunga anggrek ?
Terate sendiri memiliki nilai historis yang legendaris, selain merupakan suatu bunga yang memiliki nilai spiritual tersendiri, semisal di agama budha atau hindu yang merupakan salah satu alas dari pada para dewa dan para budha. Terate juga dikenal sebagai lambang sebuah kejayaan dan kemakmuran. Terate melambangkan ketenangan dan kewibawaan. dan dijaman dahulu para raja  memakan biji bungan terate terutama terate merah sebagai pengganti beras.
Itu adalah sekilas dari pada histori dari terate, dan bagaimana pandangan terate di Organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate ? bunga terate melambangkan sebuah keistimewaan atas warga SH terate sendiri. terate hidup dalam kubangan lumpur atau telaga kotor, tapi walau dalam kubangan lumpur ata telaga kotor terate tetap memekarkan bunga yang cantik. apa yang kita pelajari untuk kehidupan ini . walaupun kita hidup ditengah lingkungan yang tidak baik maka kita senantiasa diharapkan bisa mempercantik keadaan tersebut sebagai mana bunga terate mengindahkan kubangan lumpur atau telaga kotor. tidak terbawa arus globalisasi tapi juga tidak menutup diri akan perubahan yang berarti serta dapat membawa diri untuk mengindahkan yang lain dengan budi yang luhur. 
Tetapi bunga terate tidak harum,kenapa harus menggunakan bunga yang tidak harum ? kenapa tidak bunga mawar atau melati yang tidak kalah bagus dan cantik serta memiliki bau yang sedap ? . Keikhlasan itulah jawabannya, kenapa ? bunga terate indah . Bunga terate menghidahkan suasana sekitar tapi tidak pernah meninggalkan bekas berupa keharuman  tapi sesuatu yang mengesankan, diingat sesalu oleh yang memandang. Begitu juga kita kita tidak boleh mengharap pujian atau bekas saat melakukan kebaikan. Bila kita melakukan susatu tapi masih mengharapkan bekas , maka sia sia kita melakukan hal tersebut karena tidak memiliki dasar dari keikhlasan..






Tidak ada komentar:

Posting Komentar